Terima Kasih Atas Kunjungannya..

Semoga Artikel-artikel ini bermanfaat untuk anda.

Jumat, 04 Maret 2011

Starter Mesin Pikiran Anda


Dalam beberapa buku yang saya baca, saya sering menemukan kalimat ini “Suatu perbuatan harus mendahului perbuatan”. Memang benar, itulah hukum alam. Tak ada yang bermula sendiri, mesin-mesin yang kita punyai harus di “starter” terlebih dahulu sebelum bisa berjalan.
Boleh jadi rumah anda dihangatkan secara otomatis, akan tetapi anda harus memilih tingkat panasnya. Versenelling mobil anda bergerak secara otomatis, setelah anda lebih dulu menggerakkannya. Dasar atau prinsip yang sama berlaku bagi perbuatan berpikir. Pikiran anda bergerak untuk menghasilkan apa-apa bagi anda.
Seorang humoris mengatakan bahwa masalah yang paling sukar adalah pindah dari kamar tidur yang hangat ke kamar tidur yang dingin. Dan itu memang betul. Makin lama anda berbaring disitu, dan berpikir betapa tidak enaknya untuk bangun, maka makin sukarlah bagi anda untuk bangkit. Bahkan dalam perbuatan atau kegiatan semacam ini. Maka gerak mekanis, melemparkan selimut anda dan meletakan kaki diatas lantai, mengalahkan rasa iseng dan cemas.
Masalahnya sudah cukup jelas. Orang-orang yang maju dan berhasil didunia ini, tidak menunggu sampai semangat atau rohnya menggerakkan mereka. Merekalah yang menggerakkan spirit itu.
Dalam Buku The Magic Of Thinking BIG karya Dr. D.J. Schwartz, ditulis teknik untuk  melatih mesin pikiran. Anda bisa mempraktekkan  point-point yang ditulisnya berikut:
  1. Jadilah aktivisionis. Jadilah orang yang berbuat dan bertindak. Yang bisa mewujudkan gagasan-gagasan yang dimiliki.
  2. Jangan biasakan menunggu sehingga keadaannya beres dan sempurna. Hal itu sangat tidak mungkin. Harapkan bahwa akan ada halangan-halangan dan rintangan-rintangan yang menghadang, dan atasilah rintangan-rintangan yang muncul itu.
  3. Ingat bahwa gagasan-gagasan saja tidak akan mendatangkan sukses. Gagasan hanya ada nilainya, kalau diusahakan perwujudannya.
  4. Gunakan perbuatan untuk menyembuhkan rasa cemas, dan menumbuhkan rasa percaya kepada diri sendiri. Lakukan apa yang anda takuti, dan rasa takut itu akan hilang.
  5. Hidupkan mesin mental anda secaara mekanis. Jangan menunggu spirit atau roh menggerakan anda. Berbuatlah dan bertindaklah untuk menggerakkan spirit atau roh anda.
  6. Berpikirlah sejak sekarang. Besok, minggu depan, kelak dan perkataan2 seperti itu adalah sinonum dengan perkataan kegagalan: TAK PERNAH. Jadilah orang yang “Suka mulai sekarang”.
  7. Bersibuklah segera. Jangan membuang terlalu banyak waktu untuk mempersiapkan pekerjaan anda. Sebaiknya: Mulailah sekarang.
  8. Berinisiatiplah. Jadilah penjelajah dan pelopor. Rebutlah bola dan giringlah bola itu. Jadilah sukarelawan. Tunjukan bahwa anda memiliki kecakapan dan kemauan untuk berbuat.
Saya sedang mencoba menghidupkan mesin pikiran saya secara mekanis, bagaimana dengan anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar