Terima Kasih Atas Kunjungannya..

Semoga Artikel-artikel ini bermanfaat untuk anda.

Jumat, 04 Maret 2011

4 Cara Mengembangkan Perbendaharaan Kata


Kata-kata yang baik dan yang disampaikan dengan niat untuk mendatangkan kebaikan bagi yang mendengarkan, telah menjadi pembentuk dari semua pengajaran besar dalam sejarah kemanusiaan. Dan mereka yang menggunakan pengajaran itu dalam kepemimpinannya, akan didudukkan di tempat-tempat yang tinggi. ( MT-Word Power )
Sungguh besar peran dari kata-kata yang terlontar dari mulut kita, dan tentunya yang memegang peranan penting dalam hal ini adalah lidah kita. Sehingga ada pepatah yang menyatakan bahwa “Selamatnya manusia tergantung dalam menjaga lidahnya”.
Lidah kita akan terkontrol mengeluarkan kata-kata yang baik, apabila kita mau melatihnya dengan hal-hal yang baik.  Seorang pemikir dan pemimpin besar di dunia ini, pasti mempunyai perbendaharaan kata yang baik dan bermakna. Sehingga setiapkata yang terlontar dari mulutnya, dunia akan mencatatnya.
Menurut Dr. D.J. Schwartz, setidaknya ada 4 cara yang harus dilatih oleh kita untuk membantu mengembangkan perbendaharaan kata-kata, seperti  yang dilakukan para pemikir besar :
  1. Gunakanlah kata-kata yang besar, positif, dan menyenangkan untuk melukiskan perasaan anda. Apabila ada orang yang bertanya : ” Bagaimana perasaan anda saat ini?” lalu anda menjawab “ Saya letih, sakit kepala, pusing-pusing dan ga enak badan …” maka sungguh saat itu anda membuat diri anda sendiri dalam keadaan makin tidak enak. Coba praktekkan hal yang mudah ini akan tetapi banyak guna dan mafaatnya, contoh, setiap kali ada orang yang bertanya : ”Apa kabar? Bagaimana keadaanmu hari ini?”, maka jawaban yang tepat adalah “ Baik sekali, terima kasih dan anda?”. Katakanlah bahwa anda senang sekali pada setiap kesempatan dan keadaan maka dengan sendirinya anda akan berada dalam keadaan senang sekali. Jadilah terkenal sebagai orang yang merasa selalu senang dan besar. Ini akan membuat anda banyak kawan.
  2. Gunakanlah kata-kata yang cerah, gembira, dan menguntungkan dengan kalimat-kalimat yang membesarkan hati untuk melukiskan orang lain. Apabila anda sedang membicarakan orang lain yang tidak hadir katakanlah bahwa ia orang sungguh baik dan menyenangkan. “ Ia mengatakan sedang mengalami kemajuan-kemajuan”. Jangan menggunakan kata-kata yang mengecilkan nilainya, karena cepat atau lambat orang ketiga itu akan tahu apa yang anda katakan, dankata-kata itu akan mengecilkan nilai anda.
  3. Gunakanlah bahasa yang positif untuk memberi semangat kepada orang lain.Berilah ucapan selamat secara pribadi dengan tulus dan ikhlas pada tiap kesempatan. Karena tiap-tiap orang yang anda kenal sangat memerlukan pujian, khususnya pujilah istri/suami anda tiap hari. Ingatkan dan berilah perhatian khusus pada orang-orang yang bekerja sama dengan anda. Sebuah pujian kalau dilaksanakan dengan seksama merupakan sarana sukses untuk anda.
  4. Gunakanlah kata-kata yang positif untuk melukiskan rencana-rencana anda.Jika orang mendengar kalimat-kalimat seperti :” Ini ada kabar baik, kita menghadapi kesempatan yang baik sekali…” maka pikiran orang yang mendengar tsb akan terang. Akan tetapi klo orang mendengar kata-kata seperti ini : “Apa boleh buat, keadaannya seperti ini…” maka gambaran pikirannya akan suram, membosankan, dan aksinya sepadan dengan itu. Janjikanlah kemenangan maka dapatlah bantuan dan tunjangan, dirikanlah istana-istana dan janganlah menggali kuburan-kuburan.
Semoga kita bisa…..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar